Elektronika Dasar1. Tahanan. Tehnik Sepeda Motor.


Tehnik Sepeda Motor.




Teori tentang tehnik sepeda motor ini kami sadur/ ambil lagsung dari catatan ketika masih kursus. Kami tidak menambah ataupun mengurangi isi catatan tersebut sehingga bila ada kata atau bahasa yag mungkin kaku maaf sebesar-besarnya. Selamat mengikuti semoga berguna.



    Tehnik Sepeda Motor.

     Mesin dibagi dua.

 1. Mesin Empat Tak. 
2. Mesin Dua Tak..

Kerja mesin Dua Tak.
a. Seker ke atas.
b. Membentuk kompresi.
c. Menghisap gas pembakaran.
a. Seker ke bawah.
b. Membentuk usaha.
c. Mendorong gas pembilas.

Seal Magnet.
Untuk membatasi karter dan udara luar agar tidak terjadi kebocoran waktu penhisapan.

Seal Kopling.
Pengaruh pada gigi panas/ tidak. Fungsi seal kopling membatasi karter dan ruang bak kopling agar tidak masuk ke ruang karter.

Seal Magnet bocor, menghidupkan motor minta diChooke. Bunyi motor benger/ terlalu boros atau sama sekali tidak ada hisapan dari karburator.

Seal Kopling bocor, asap knalpot terlalu tebal, busi gampang mati.

Motor 4 Tak mengeluarkan asap hitam.
- Berarti dari sistem pembakaran/ karburator.
- Bensin terlalu boros.
- Udara terlalu kecil/ miskin.
- Sehingga mempegaruhi busi cepat mati.

Motor 4 Tak mengeluarkan asap putih.
- Per seker gep-nya melebar.
- Sylinder tergores, lecet.
- Seal klep aus.
- Bar klep longgar.

Olie.

Titik Api kodenya SE, SF, SG, SH, S7.
Titik Api semakin tinggi semakin baik.

Motor 2 Tak memakai olie kental tidak apa-apa karena tidak ada pompa olie.

Tetapi motor 4 Tak terpengaruh oleh kekentalan olie karena ada pompa olie.

Yang terpengaruh oleh pompa olie :
STANG. KNOKEN AS, TEMPLAR.
Seker tidak terpegaruh oleh pompa olie karena dilumasi oleh sistem gerak di bawah stang.

Untuk mengetahui baik tidaknya olie bukan dari harganya tetapi dari titik apinya, semakin tinggi titik apinya semakin baik olie tersebut.

SAE = Kekentalan olie.
TITIK API = Titik penguapan.
TMA = Titik Mati Atas.
TMP = Titik Mati Bawah. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar